Senin, 11 November 2019

Tips-tips agar lancar berbahasa Inggris


Semua orang menginginkan yang namanya fasih dan lancar bahasa Inggris.
Padahal sudah sekitar 6 sampai 7 tahun mungkin teman-teman sudah belajar bahasa Inggris dari bangku SD hingga bangku kuliah.
Tapi sampai sekarang belum mencapai yang namanya fasih berbahasa Inggris.
Oleh karena itu, admin ingin berbagi seputar 7 cara agar lancar bahasa Inggris secara otodidak dan langsung bisa ngomong bahasa inggris seperti penutur aslinya atau bisa kita sebut sebagai seorang native speaker.
admin itu hobinya nonton film barat terutama film-filmnya Marvel.
aduuhh tuh film kerena banget dengan semua superheronya yang tampil heroik dan memukau di setiap seri filmnya.
Admin suka cara mereka berbicara dalam bahasa inggris, karena memang englishnya orang american itu bener bener menjiwai.
hehehhe.itu membuat admin menjadi fans of american native speaker dan admin mulai belajar belajar bahasa dan pronouciation penutur amerika.
bahasa inggris itu sudah admin pelajari sejak duduk di bangku SD,  MTS dan SMA.
bayangkan semenjak admin kelas 5 SD sampai dengan kelas 12 SMA (sekitaran 7 tahun lamanya) admin belajar bahasa inggris, nggak bisa bisa ngomong.
mulut ini saat itu kaku banget dan masih ragu ragu untuk mengeluarkan sepatah dua patah kata dalam bahasa inggris.
di MTs dan SMA hanya diajarkan bagaimana caranya menjawab soal – soal bahasa inggris dengan benar supaya lulus ujian nasional, bukan bagaimana cara lancar bahasa Inggris spaya bisa ngomong  sama bule.
akhirnya admin pergi les bahasa inggris, sana sini di smart english, fly english rinjani, pare camp goes to school dan lain sebagainya, tetep aja nggak fasih fasih.
Apa yang admin lakukan ?
akhirnya admin instrospeksi diri kenapa ilmu bahasa inggris admin itu nggak berkah berkah alias belum fasih fasih.
akhirnya admin menemukan cara cara ampuh yang admin masih terapkan sampai sekarang supaya semakin fasih dan lancar dalam bahasa ingris. apa saja itu :
1. Niat nya apa dan kenapa mau agar lancar berbahasa inggris ? 

Jika Jika kalian ingin sekali bisa ngomong bahasa Inggris seperti seorang layaknya penutur asli dari Amerika Serikat ataupun dari Inggris, cari tahu niat kalian buat belajar bahasa Inggris itu apa sih sebenarnya.
Apa yang mendorong kalian ingin bisa dan fasih berbahasa Inggris.
Kalau admin sih kenapa belajar bahasa Inggris karena bahasa Inggris itu sangat penting untuk masa depan kita.
Mau kerja di suatu perusahaan yang besar atau multinasional, tes wawancara nya pakai bahasa Inggris terutama admin nih Kan pengennya jadi insinyur bahasa Inggris itu harus nomor satu supaya bisa berkomunikasi dengan banyak orang.
Mungkin kalian niat belajar bahasa Inggris buat dapetin Skor TOEFL yang bagus dan tinggi buat ngedapetin beasiswa kuliah di luar negeri.
Gak apa-apa itu bagus banget. Admin sudah belajar bahasa Inggris dari SD sampai SMA tapi admin gak bisa-bisa fase berkomunikasi dalam bahasa Inggris.
Yang diajarkan di sekolah-sekolah Bagaimana caranya menjawab soal-soal ujian semester dan nasional supaya nilai ujiannya tinggi nggak remidi.
Ada sih sebenarnya ada sisi praktiknya cuman nggak intensif untuk benar-benar mendorong siswanya untuk harus bisa berkomunikasi  Inggris di kelas.
Akhirnya sampai admin lulus SMA, belum fasih berbahasa Inggris.
Setelah admin membaca suatu artikel dari seorang wanita yang berprofesi sebagai insinyur di salah satu  perusahaan minyak dan gas, hal yang paling penting untuk mahasiswa yang baru lulus itu adalah kuasai bahasa Inggris.
Dari sanalah admin termotivasi untuk mulai belajar bahasa Inggris lebih giat lagi.
Dan alhamdulillah sampai sekarang admin masih konsisten memperdalam pemahaman tentang bahasa Inggris baik itu belajar grammar, tenses pronounciation, ngumpulin kosakata yang baru, phonetic symbol, speaking, writing, listening , practice dan lain sebagainya
2. Baca naskahnya, lalu listening

kadang kadang saat kita pertama kali menonton film barat kesayangan atau harry potter tanpa mennggunakan subtitle indonesia, pasti dirasakan kesulitan untuk memahami kalimat demi kalimat yang disampaikan aktornya.
belum lagi pronounciationnya sangat cepat banget, bikin kepala makin mumet mahaminya.
yaaa iyya lah karena kita nggak tahu apa yang para aktornya sampaikan.
contoh saja nih, saat kita sudah mengetahui lirik lagu favorit, pasti sudah tahu apa yang penyanyinya katakan.
sama dengan film box office, kalau kita sudah tahu naskahnya atau apa yang akan diucapkan pemain filmnya, pasti kita bisa memahaminya walaupun mereka ngomongnya cepet banget.
kita bakalan jelas mendengar apa sebenarnya yang mereka ucapkan walaupun diucapkan dengan cepat. itu triknya.
jadi bagi teman teman makeitationers yang mau bener bener fasih berbahasa inggris, bisa mengaplikasikan cara ini.
admin jabarkan step setep jelasnya
·  buka youtube
·  cari di kolom pencarian youtube “english conversation”
·  cari video conversation yang sub titlenya bahasa inggris
·  tonton videonya lalu download aja.
·  nahhh, tonton videonya berulang – ulang, lalu dengarkan pake headset kesayangan
·  setelah ditonton dan mendengarkan percakapan mereka berulang – ulang, coba untuk meniru cara mereka berbicara. meniru bagaimana mereka ngeluarin kata demi kata melalui mulutnya sedetali detailenya dan ulangi berkali kali sampai setiap kalimat itu bener bener dihafal di luar kepala.
contoh percakapannya kayak video di bawah ini :


atau teman teman bisa download di Google audio percakapan bahasa inggris yang dilengkapi dengan file teks naskah percakapannya, ada banyak kok.
nahh kenapa harus begitu… coba kita belajar dari bayi  orang-orang barat nih.. mereka itu pas bayi nggak belajar grammer, pas pertama kali lahir tidak langsung disuruh les bahasa inggris wkwkw,  bayi bayi itu bisa ngomong bahasa inggris karena mereka mendengarkan.
mendengarkan kalimat itu berulang – ulang dan mereka menyerapnya dan mencoba meniru apa yang ibu/ayahnya katakan.
lama kelamaan karena sudah sering mendengarkan ayah ibunya ngomong pake bahasa inggris di rumah, akhirnya si bayi itu bisa ngomong pake bahasa inggris dan mulai terlihat fasih saat berumur 3 tahunan.
heehehe keren kan. baru 3 tahun hidup, nggak belajar grammer, nggak pergi les bahasa inggris, ehh sudah pinter ngomong nih bayi.
Kita udah 7 tahunan belajar bahasa Inggris nggak lancar-lancar. oleh sebab itu, coba teman teman baca naskah dalam bahasa inggris itu dulu, lalu dengerkan percakapan percakapan tersebut berulang ulang.
tapi harus konsisten dan yang terpenting adalah langsung praktik, jangan ditunda tunda apalagi jangan malu dan jangan malu buat bngomong
3. Bicaralah dengan diri sendiri

haaa, bicara dengan diri sendiri ? gila dong.. wkwkkw. yaa bukan guys.. namun normal kok. ini yang admin rutinkan.
setelah bangun tidur admin mulai tuh ngomong bahasa inggris sama diri sendiri.
di sini admin coba mempraktekan berbicara bahasa inggris. jadi admin ceritakan sama diri sendiri dengan suara yang keras/sedang apa yang admin pikirkan dan akan lakukan.
gini contoh apa yang sering admin praktekan :
i have to wake up now. and have a look at my watch, it shows 5 o clock. wawwww. i wake up in early morning. i ‘m very happy today. after waking up, i walk into the bathroom and now i’m walking into my bathroom. you know guys, i feel something bad in my mouth, so i need to brush my teeth first. i then put some wather into a water scoop. and then i rinse my mouth and i start to brush…. dan seterusnya
ceritakan apa yang sedang dan akan teman teman lakukan dalam bahasa inggris dengan suara yang keras. pelan pelan saja.
lakukan secara spontanitas yaaa. semakin aneh yang teman teman ceritakan, semakin semangat teman teman mempraktekannya.
lakukan itu sampai dengan  mau tidur lagi. di kampus ceritakan apa yang kalian lihat dalam bahasa inggris, apa yang teman teman kita lakukan, ceritakan tentang gedung kampus, tentang dosen yang kiler, ceritakan tentang kantin kampus, pokoknya semuanya dalam bahasa inggris.
okeeee.  pertama yang mungkin kalian bisa ajak ngomong adalah ya diri kalian sendiri dan ini bener bener asyik.
apalagi kalian ngomongnnya di depan cermin. itu mah tambah asyik lagi.
terlebih lagi bagi teman teman makeitationer yang buka banget buat vlog, bisa tuh rekam diri sendiri dan ceritakan di depan kamera apa perasaan hati kalian wkwkkw, apa aja yang udah kalian lakukan, mau ngerjain apa, apaun yang penting spontanitas bila perlu.
jadi yang admin tekan kan di sini adalah praktek dan spontanitas karena dalam percakapan bahasa inggris asli, dibutuhkan juga spontanitas dalam berbicara…. jadi sudah di luar kepala semuanya.
4. cek pronounciation pada google translate

Jadi dengan adanya fitur listening itu kita dapat mengetahui cara ngucapin suatu kata lebih indah lagi dalam bahasa Inggris.
Kan mau jadi penutur asli Amerika atau British biar keren gitu hehehe.
Jadi nih misalnya kita nemuin kata asing dan kita tidak tahu bagaimana pengucapannya, Nah tinggal buka Google Translate masukkan kata asing tersebut Lalu Dengarkan cara pengucapannya.
Setelah kalian mendengarnya coba untuk dipraktekkan lagi, coba dilafadzkan kembali ,berkali-kali sampai kata tersebut di luar kepala.
Ini merupakan teknik untuk memperkuat dan memperlama ingatan kita mengenai suatu kosakata Inggris baru.
5. Cari temen untuk praktek

Tadi kan sudah nih ngomong sendiri Sudah menjadi kebiasaan ngomong bahasa Inggris dengan diri sendiri, Sekarang saatnya untuk berinteraksi sosial dengan orang lain.
Keluar dari zona nyaman. Untuk memunculkan keberanian dan rasa percaya diri, sekarang praktekkan ke orang lain.
Ngomongnya pelan-pelan aja jangan cepet-cepet. Soalnya biar ada waktu untuk merangkai kata di otak dan pikiran.
Jangan lupa pakai mimik dan gaya tubuh atau bahasa tubuh saat ngomong dalam bahasa Inggris dengan orang lain karena hal itu dapat membuat kita lebih percaya diri kalau kita itu bisa dan bisa.
Kalau sudah sering ngomong sama temen yang mampu berbahasa Inggris temen-temen yang udah jago berbahasa Inggris, mulai tuh di tingkatkan kecepatan ngomongnya gitu.
Tadinya kan pelan sekarang lebih cepat sedikit gitu.
6. Berdoa untuk kefasihan berbahasa Inggris

ini yang tidak kalah penting, Setelah kalian mengetahui teknik-teknik yang telah admin jabarkan diatas, sekarang kalian berdoa semoga diberi kemudahan dalam berbahasa Inggris diberi kemudahan dalam kefasihan berbahasa Inggris dan tetap terjaga motivasi dalam berbahasa Inggris.
Ini penting guys.. ini sangat penting. Bila perlu bangun tengah malam setelah itu ambil air wudhu untuk salat tahajud.
Nah habis itu berdoa deh. Setelah berdoa baru di sana belajar berbahasa Inggris. Praktikkan apa yang telah admin berikan tadi di atas.
Lebih segar nih sebelum memulai belajar bahasa Inggris, enak mandi dulu mandi pagi.
Bagus banget untuk merangsang saraf kita supaya kita lebih segar lagi. Jadi mulut tidak kaku sehingga pronounciation jadi enak.
7. istiqomah dan jangan menyerah

Friend, kalau kita ingin bisa menguasai sesuatu maka kita harus melakukannya secara fokus dan kontinyu atau Istiqomah.
Jangan belajarnya pada hari itu semangat Tapi besoknya loyo gak ada motivasi sama sekali itu sama aja bohong.
Coba diterapkan teknik-teknik yang sudah admin berikan di atas tadi mulai dari temukan niatnya dulu ya kalau sudah itu bukan teknik ya hehehe, tekniknya kaya baca naskah baru listening terus ngomong dengan diri sendiri, cari teman untuk praktik dan lain sebagainya…
Coba dilakukan secara Istiqomah atau konsisten selama satu minggu atau dua minggu, dengan kita konsisten dan istiqomah itu akan merangsang dan mensetting ulang alam bawah sadar kita sehingga kalau kita tidak kerjakan itu rasanya gak enak gitu ada yang kurang gitu.
Kalau kalian sudah merasakan hal yang sedemikian itu Nah itu pertanda bahwa kalian bakalan menguasai Apa yang sedang kalian pelajari itu dalam kasus ini kasih berbahasa Inggris.
Lakukan dengan komitmen yang tinggi, paksain diri kalian untuk melakukannya, lawan rasa lelah yang mungkin ada saat lagi belajar itu dan Coba bayangkan betapa enaknya nanti kalau kita itu udah bisa dan fasih ngomong bahasa Inggris. Sangat nikmat dan cool friend.
Bakalan bertambah tuh fans kalian di kampus. He he he. Jadi Istiqomah ya dan fokus.
Tentunya tidak ada hal di dunia ini yang diraih tanpa adanya pengorbanan atau perjuangan yang hebat terutama perjuangan untuk bisa menguasai bahasa Inggris.
Tetap berjuang menaklukkan bahasa Inggris ya teman-teman.
Mungkin itu saja yang bisa admin berikan Semoga ada manfaatnya untuk teman-teman pembaca Setia makeitation.com..
nantikan artikel lainnya hanya di makeitation. Sampai jumpa teman-teman semoga sukses selalu.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar